Siklus pendapatan
adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait
yang terus berlangsung dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan
menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan tersebut. Tujuan utama siklus
pendapatan adalah menyediakan produk yang tepat di tempat dan waktu yang tepat
dengan harga yang sesuai. Untuk mencapai tujuan utama siklus pendapatan,
manajemen harus membuat beberapa keputusan antara lain :
- Bagaimana
dapat mengembangkan kustomisasi produk pada masing-masing keinginan kostumer?
- Berapa
banyak inventori yang harus disediakan, dan dimana lokasi inventori tersebut
diletakkan?
- Bagaimana
barang dagangan dapat dikirim kepada kostumer? Apakah perusahaan membentuk
armada pengiriman sendiri atau memberikan kepada pihak lain?
- Apakah
pemberian kredit kepada kostumer terus dikembangkan?
- Seberapa
banyak batasan kredit diberikan kepada kostumer?
- Macam
kredit apa yang perlu ditawarkan kepada kostumer?
- Bagaimana
kostumer dapat melakukan proses pembayaran agar bisa meminimasi cash flow?
A. AKTIVITAS BISNIS SIKLUS PENDAPATAN
Empat aktivitas dasar
bisnis yang dilakukan dalam siklus pendapatan :
1. Penerimaan
pesanan dari para pelanggan
a. Mengambil
pesanan pelanggan
b. Persetujuan
kredit
c. Memeriksa
ketersediaan persediaan
d. Menjawab
permintaan pelanggan
2. Pengiriman
barang
a. Ambil
dan pak pesanan
b. Kirim
pesanan
3. Penagihan
dan piutang usaha
a. Penagihan
b. Pemeliharaan
data piutang usaha
c. Pengecualian
: penyesuaian rekening dan penghapusan
4. Penagihan
kas
a. Menangani
pengiriman uang pelanggan
b. Menyimpannya
ke bank
B. PENGENDALIAN
: TUJUAN, ANCAMAN, DAN PROSEDUR
Didalam
siklus pendapatan, SIA yang didesain dengan baik harus menyediakan pengendalian
yang memadai untuk memastikan bahwa tujuan-tujuan berikut ini dicapai :
a. Semua
transaksi telah diotorisasikan dengan benar
b. Semua
transaksi yang dicatat valid (benar-benar terjadi)
c. Semua
transaksi yang valid, dan disahkan, telah dicatat
d. Semua
transaksi dicatat dengan akurat
e. Aset
dijaga dari kehilangan ataupun pencurian
f. Aktivitas
bisnis dilaksanakan secara efisien dan efektif
v Ancaman
dan pengendalian dalam siklus pendapatan
Entri
Pesanan Penjualan :
a.
Pesanan pelanggan yang
tidak lengkap atau tidak akurat; Pemeriksaan edit entri data
b.
Penjualan secara
kredit ke pelanggan yang memiliki catt. Kredit buruk; Persetujuan kredit oleh
manajer bagian kredit bukan oleh fungsi penjualan: catt yang akurat atas saldo
rekekening pelanggan
c.
Legitimasi pesanan; tanda
tangan diatas dokumen kertas, tanda tangan digital dan sertifikat digital untuk
e-biz
d.
Habisnya persediaan,
biaya penggudangan, dan penggudangan, dan pengurangan harga; Sistem
pengendalian persediaan
Pengiriman :
a.
Kesalahan pengiriman:
barang dagang jumlah dan alamat yang salah; Rekonsiliasi pesanan penjualan
dengan kartu pengambilan dan slip pengepakan: pemindai kode garis Pengendalian
aplikasi entri data
b.
Pencurian persediaan;
Batasi akses fisik ke persediaan
Penagihan dan Piutang Usaha :
a.
Kegagalan untuk
menagih pelanggan; Pemisahan fungsi pengiriman dan penagihan
b.
Kesalahan dalam
penagihan; Pengendalian edit entri data Daftar harga
c.
Kesalahan dalam
memasukkan data ketika memperbarui piutang usaha; Rekonsiliasi buku pembantu
piutang usaha dengan buku besar: laporan bulanan ke pelanggan
Penagihan Kas :
a.
Pencurian kas;
pemisahan tugas; minimalisasi penanganan kas; kesepakatan lockbox; konfirmasikan pengesahan dan penyimpanan semua penerimaan.
Rekonsiliasi periodic laporan bank dengan catt seseorang yang tidak terlibat
dalam pemrosesan penerimaan kas
Masalah-masalah Pengendalian Umum :
b.
Kehilangan data; prosedur
cadangan dan pemulihan dari bencana; pengendalian akses (secara fisik dan
logis)
c.
Kinerja yang buruk; persiapan
dan tinjauan laporan kinerja
C. KEBUTUHAN INFORMASI SIKLUS
PENDAPATAN DAN MODEL DATA
SIA didesain untuk mengumpulkan,
memproses, dan menyimpan data kegiatan bisnis agar manajemen mendapatkan
informasi untuk mendukung pengambilan keputusan.
v Data Operasional
Data operasional dibutuhkan untuk
mengawasi kinerja dan untuk melakukan tugas-tugas rutin berikut ini :
a. Merespons
pertanyaan pelanggan mengenai saldo akun dan status pesanan
b. Memutuskan
apakah kredit pelanggan tertentu dapat ditambah atau tidak
c. Menentukan
ketersediaan persediaan
d. Memilih
metode untuk mengirim barang
v Informasi Sekarang dan Masa Lalu
Informasi yang lampau dan yang saat
ini diperlukan agar menajemen dapat membuat keputusan strategis berikut ini :
a. Menentukan
harga produk dan jasa
b. Menetapkan
kebijakan mengenai retur penjualan dan garansi
c. Memutuskan
jangka waktu kredit yang ditawarkan
d. Menentukan
kebutuhan pinjaman jangka pendek
e. Merencanakan
kampanye pemasaran yang baru
v Penilaian Kinerja
SIA juga harus menyediakan
informasi yang dibutuhkan untuk mengevaluasi kinerja proses yang penting
berikut ini :
a. Waktu
respons terhadap pertanyaan pelanggan
b. Waktu
yang dibutuhkan untuk memenuhi dan mengirim pesanan
c. Persentase
penjualan yang membutuhkan pemesanan ulang
d. Tingkat
dan tren kepuasan pelanggan
e. Analisis
pangsa pasar dan tren penjualan
f. Analisis
profitabilitas berdasarkan produk, pelanggan, dan area penjualan
g. Volume
penjualan dalam dolar dan jumlah pelanggan
h. Keefektifan
iklan dan promosi
i. Kinerja
staf penjualan
j. Pengeluaran
piutang ragu-ragu dan kebijakan kredit
KESIMPULAN
Siklus pendapatan adalah rangkaian
aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus
berlangsung dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih
kas sebagai pembayaran dari penjualan tersebut. Tujuan utama siklus pendapatan
adalah menyediakan produk yang tepat di tempat dan waktu yang tepat dengan
harga yang sesuai. Dalam siklus pendapatan, terdapat empat aktivitas bisnis,
antara lain Penerimaan Pesanan dari Pelanggan ; Pengiriman ; Penagihan dan Piutang Usaha
; Penagihan Kas.
Dalam siklus pendapatan terdapat juga beberapa ancaman, antara lain Pesanan
pelanggan yang tidak lengkap atau tidak akurat ; Penjualan secara kredit ke
pelanggan yang memiliki catt. Kredit buruk ; Legitimasi pesanan ; Habisnya
persediaan, biaya penggudangan, dan pengurangan harga ; Kesalahan pengiriman:
barang dag., jumlah dan alamat yang salah ; Pencurian persediaan ; Kegagalan
untuk menagih pelanggan ; Kesalahan dalam penagihan ; Kesalahan dalam
memasukkan data ketika memperbarui piutang usaha ; Pencurian kas ; Kehilangan
data ; dan Kinerja yang buruk,
No comments:
Post a Comment