Monday, December 23, 2013

SIKLUS PENDAPATAN

Siklus pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus berlangsung dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan tersebut. Tujuan utama siklus pendapatan adalah menyediakan produk yang tepat di tempat dan waktu yang tepat dengan harga yang sesuai. Untuk mencapai tujuan utama siklus pendapatan, manajemen harus membuat beberapa keputusan antara lain :
-       Bagaimana dapat mengembangkan kustomisasi produk pada masing-masing keinginan kostumer?
-       Berapa banyak inventori yang harus disediakan, dan dimana lokasi inventori tersebut diletakkan?
-       Bagaimana barang dagangan dapat dikirim kepada kostumer? Apakah perusahaan membentuk armada pengiriman sendiri atau memberikan kepada pihak lain?
-       Apakah pemberian kredit kepada kostumer terus dikembangkan?
-       Seberapa banyak batasan kredit diberikan kepada kostumer?
-       Macam kredit apa yang perlu ditawarkan kepada kostumer?
-       Bagaimana kostumer dapat melakukan proses pembayaran agar bisa meminimasi cash flow?

A.  AKTIVITAS BISNIS SIKLUS PENDAPATAN
Empat aktivitas dasar bisnis yang dilakukan dalam siklus pendapatan :
1.    Penerimaan pesanan dari para pelanggan
a.    Mengambil pesanan pelanggan
b.    Persetujuan kredit
c.    Memeriksa ketersediaan persediaan
d.   Menjawab permintaan pelanggan
2.    Pengiriman barang
a.    Ambil dan pak pesanan
b.    Kirim pesanan
3.    Penagihan dan piutang usaha
a.    Penagihan
b.    Pemeliharaan data piutang usaha
c.    Pengecualian : penyesuaian rekening dan penghapusan
4.      Penagihan kas
a.    Menangani pengiriman uang pelanggan
b.    Menyimpannya ke bank
B.  PENGENDALIAN : TUJUAN, ANCAMAN, DAN PROSEDUR
Didalam siklus pendapatan, SIA yang didesain dengan baik harus menyediakan pengendalian yang memadai untuk memastikan bahwa tujuan-tujuan berikut ini dicapai :
a.    Semua transaksi telah diotorisasikan dengan benar
b.    Semua transaksi yang dicatat valid (benar-benar terjadi)
c.    Semua transaksi yang valid, dan disahkan, telah dicatat
d.   Semua transaksi dicatat dengan akurat
e.    Aset dijaga dari kehilangan ataupun pencurian
f.     Aktivitas bisnis dilaksanakan secara efisien dan efektif
v Ancaman dan pengendalian dalam siklus pendapatan
Entri Pesanan Penjualan :
a.    Pesanan pelanggan yang tidak lengkap atau tidak akurat; Pemeriksaan edit entri data
b.    Penjualan secara kredit ke pelanggan yang memiliki catt. Kredit buruk; Persetujuan kredit oleh manajer bagian kredit bukan oleh fungsi penjualan: catt yang akurat atas saldo rekekening pelanggan
c.    Legitimasi pesanan; tanda tangan diatas dokumen kertas, tanda tangan digital dan sertifikat digital untuk e-biz
d.   Habisnya persediaan, biaya penggudangan, dan penggudangan, dan pengurangan harga; Sistem pengendalian persediaan
Pengiriman :
a.    Kesalahan pengiriman: barang dagang jumlah dan alamat yang salah; Rekonsiliasi pesanan penjualan dengan kartu pengambilan dan slip pengepakan: pemindai kode garis Pengendalian aplikasi entri data
b.    Pencurian persediaan; Batasi akses fisik ke persediaan
Penagihan dan Piutang Usaha :
a.    Kegagalan untuk menagih pelanggan; Pemisahan fungsi pengiriman dan penagihan
b.    Kesalahan dalam penagihan; Pengendalian edit entri data Daftar harga
c.    Kesalahan dalam memasukkan data ketika memperbarui piutang usaha; Rekonsiliasi buku pembantu piutang usaha dengan buku besar: laporan bulanan ke pelanggan
Penagihan Kas :
a.    Pencurian kas; pemisahan tugas; minimalisasi penanganan kas; kesepakatan lockbox; konfirmasikan pengesahan dan penyimpanan semua penerimaan. Rekonsiliasi periodic laporan bank dengan catt seseorang yang tidak terlibat dalam pemrosesan penerimaan kas
Masalah-masalah Pengendalian Umum :
b.    Kehilangan data; prosedur cadangan dan pemulihan dari bencana; pengendalian akses (secara fisik dan logis)
c.    Kinerja yang buruk; persiapan dan tinjauan laporan kinerja
C.  KEBUTUHAN INFORMASI SIKLUS PENDAPATAN DAN MODEL DATA
SIA didesain untuk mengumpulkan, memproses, dan menyimpan data kegiatan bisnis agar manajemen mendapatkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan.
v Data Operasional
Data operasional dibutuhkan untuk mengawasi kinerja dan untuk melakukan tugas-tugas rutin berikut ini :
a.    Merespons pertanyaan pelanggan mengenai saldo akun dan status pesanan
b.    Memutuskan apakah kredit pelanggan tertentu dapat ditambah atau tidak
c.    Menentukan ketersediaan persediaan
d.   Memilih metode untuk mengirim barang
v Informasi Sekarang dan Masa Lalu
Informasi yang lampau dan yang saat ini diperlukan agar menajemen dapat membuat keputusan strategis berikut ini :
a.    Menentukan harga produk dan jasa
b.    Menetapkan kebijakan mengenai retur penjualan dan garansi
c.    Memutuskan jangka waktu kredit yang ditawarkan
d.   Menentukan kebutuhan pinjaman jangka pendek
e.    Merencanakan kampanye pemasaran yang baru
v Penilaian Kinerja
SIA juga harus menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk mengevaluasi kinerja proses yang penting berikut ini :
a.    Waktu respons terhadap pertanyaan pelanggan
b.    Waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi dan mengirim pesanan
c.    Persentase penjualan yang membutuhkan pemesanan ulang
d.   Tingkat dan tren kepuasan pelanggan
e.    Analisis pangsa pasar dan tren penjualan
f.     Analisis profitabilitas berdasarkan produk, pelanggan, dan area penjualan
g.    Volume penjualan dalam dolar dan jumlah pelanggan
h.    Keefektifan iklan dan promosi
i.      Kinerja staf penjualan
j.      Pengeluaran piutang ragu-ragu dan kebijakan kredit

KESIMPULAN
Siklus pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus berlangsung dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan tersebut. Tujuan utama siklus pendapatan adalah menyediakan produk yang tepat di tempat dan waktu yang tepat dengan harga yang sesuai. Dalam siklus pendapatan, terdapat empat aktivitas bisnis, antara lain Penerimaan Pesanan dari Pelanggan ; Pengiriman ; Penagihan dan Piutang Usaha ; Penagihan Kas. Dalam siklus pendapatan terdapat juga beberapa ancaman, antara lain Pesanan pelanggan yang tidak lengkap atau tidak akurat ; Penjualan secara kredit ke pelanggan yang memiliki catt. Kredit buruk ; Legitimasi pesanan ; Habisnya persediaan, biaya penggudangan, dan pengurangan harga ; Kesalahan pengiriman: barang dag., jumlah dan alamat yang salah ; Pencurian persediaan ; Kegagalan untuk menagih pelanggan ; Kesalahan dalam penagihan ; Kesalahan dalam memasukkan data ketika memperbarui piutang usaha ; Pencurian kas ; Kehilangan data ; dan Kinerja yang buruk,

No comments:

Post a Comment