Saturday, December 7, 2013

ANALISIS HUBUNGAN BIAYA VOLUME-LABA (Part II)

Margin of Safety adalah suatu informasi mengenai sampai tingkat berapa perusahaan boleh mengalami penurunan penjualan namun perusahaan tidak mengalami kerugian.Dalam Hal ini semakin besarMargin of Safety makin baik untuk perusahaan karena perusahaan bias mengalami penurunan yang cukup jauh. Margin of Safety adalah informas tentang jumlah maksimum penurunan nilai penjualan. Margin of Safety dicaru dengan mengurangi jumlah penjualan pada titik impas, Semakin besar margin of safety semakin besar perusahaan dapat memperoleh laba dan begitu pula sebaliknya. Rasio Margin of safety dapat dihitung dengan cara :


Atau bisa ditunjukkan dalam bentuk persentase, dengan rumus :

Perusahaan yang memproduksi barang lebih dari satu produk cenderung mengalami kesulitan dalam menentukan berapa besar proporsi yang harus dibebankan pada tiap produk yang dihasilkan sehingga dalam suatu analisa BEP dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan optimal. Selama ini ada beberapa dasar pendapat yang dijadikan dasar perbandingan penenteuan BEP pada perusahaan yang produksinya beragam. Apabila perusahaan itu membuat lebih dari satu jenis produk maka harus diperlakukan seperti membuat suatu jenis barang. Dari teori diatas dapat dikatakan bahwa pengalokasikan setiap biaya harus seimbang dengan pengorbanan yang dikeluarkan untuk masing-masing produk sehingga tidak terjadi pembebanan yang terlalu besar terhadap salah satu jenis produk tertentu sehingga biaya harus dipisahkan sesuai dengan jenis biaya tersebut. Apabila biaya tetap dan biaya variabel untuk setiap jenis produk dapat dipisahkan maka akan dapat diketahui batas kontribusi untuk setiap produk terhadap laba perusahaan.

Struktur biaya mengacu pada proporsi relatif biya tetap dan biaya variabel dalam suatau organisasi. Struktur biaya yang baik tergantung dari banyak faktor termasuk faktor termasuk tren penjualan jangka panjang, fluktuasi, penjualan dari tahun ketahun,dan sikap pemilik perusahaan terhadap resiko. Operating Leverage adalah suatu ukuran tentang seberapa sensitif laba bersih terhadap perubahan dalam penjualan. Operating leverage bertindak sebagai pengganda, jika operating leverage tinggi, peningkatan persentase yang kecil dalam penjualan dapat menghasilkan peningkatan laba bersih yang jauh lebih besar. Tingkat operating leverage dapat diilustrasikan sebagai tingkat penjualan dihitung dengan rumus :

Asumsi analisis hubungan biaya-volume-laba :
1.    Harga jual konstan dalam cakupan yang relevan, harga produk dan jasa tidak berubah meskipun volumenya berubah.
2.    Biaya bersifat linear dalam rentang cakupan yang relevan dan dapat dibagi secara akurat kedalam elemen tetap dan biaya variabel.
3.    Dalam perusahaan dengan multi produk, bauran penjualannya tetap.

4.    Dalam perusahaan manufaktur, persediaan tidak mengalami perubahan.

No comments:

Post a Comment