Saturday, December 7, 2013

SEGMENT REPORTING AND DECENTRALIZATION

Desentralisasi adalah wewenang pengambilan keputusannya tidak diserahkan pada beberapa orang eksekutif puncak, melainkan disebarkan diseluruh organisasi. Sedangkan Laporan Segmen adalah laporan rugi laba yang menyajikan informasi tentang laporan rugi laba untuk setiap segmen usaha.

Keunggulan dan Kelemahan Desentralisasi
Keunggulan Desentralisasi :
1.      Manajemen puncak dibebaskan dari pemecahan persoalan sehari-hari yang banyak sehingga memiliki peluang untuk berkonsentrasi pada strategi, keputusan , dan kegiatan koordinasi.
2.      Manajer tingkat lebih rendah umumnya memiliki informasi yang lebih terperinci dan lebih baru mengenai kondisi setempat dibandingkan dengan para manajer puncak.
3.      Pendelegasian wewenang pengambilan keputusan kepada manajer pada tingkat yang lebih rendah membuat mereka dapat lebih cepat memberikan respons kepada par pelanggan.
4.      Desentralisasi memberikan pengalaman pengambilan keputusan kepada para manajer tingkat lebih rendah yang nantinya diperlukan jika mereka dipromosikan ke tingkat yang lebih tinggi.
5.      Pendelegasian wewenang pengambilan keputusan kepada manajer tingkat lebih rendah sering kali meningkatkan motivasi mereka, sehingga dapat meninggkatkan kepuasan kerja dan tingkat retensi karyawan.


Kelemahan Desentralisasi :
1.      Manajer pada tingkat lebih rendah membuat keputusan-keputusan tanpa sepenuhnya memahami gambaran besar.
2.      Di suatu organisasi yang betul-betul terdesentralisasi, mungkin terjadi kurang koordinasi di antara manajer yang memiliki otonom.
3.      Manajer tingkat yang lebih rendah mungkin memiliki tujuan yang berbeda dari tujuan perusahaan secara keseluruhan.
4.      Dalam suatu organisasi yang sangat terdesentralisasi, mungkin lebih sulit untuk secara efektif menyebarkan gagasan-gagasan yang inovativ.

Desentralisasi dan Pelaporan Segmen
Desentralisasi yang evektif memiliki pelaoran segmen yang berfungsi sebagai laporan tambahan pada laporan keuangan. Segmen adalah bagian atau aktivitas suatu organisasi dimana para manajer menginginkan data biaya dan laba dari organisasi tersebut. Laporan laba rugi tersegmen ini bermanfaat untuk menganalisis profibilitas usaha dan mengukur kinerja manajer. Terdapat beberapa prinsip dalam penyusunan laporan laba rugi tersegmen. Prinsip-prinsip ini diilustrasikan dalam contoh berikut :
-          Penjualan dan Margin Kontribusi
Untuk menyusun laporan laba rugi dari suatu segmen tertentu, beban-beban variable dikurangkan dari penjualan untuk menghasilkan margin kontribusi segmen tersebut. Penting untuk diingat bahwa margin kontribusi menyatakan apa yang terjadi pada laba jika terjadi perubahan volume-biaya tetap dan kapasitas segmen dianggap sama. Margin kontribusi berguna dalam keputusan yang berkenan penggunaan kapasitas secara temporer seperti pesanan khusus.
-          Biaya Tetap yang dapat ditelusuri dan Biaya Tetap Umum
a.       Biaya Tetap yang dapat ditelusuri
Adalah suatu biaya tetap yang terjadi dikarenakan keberadaan segmen tersebut jika segmen dihilangkan, biaya tetap tersebut akan menghilang.
b.      Biaya Tetap Umum
Adalah biaya tetap yang mendukung operasi lebih dari satu segmen, tetapi tidak ditelusuri seluruhnya atau sebagian ke segmen mana pun. Meskipun suatu segmen dihilangkan, tidak akan ada perubahan biaya tetap umum yang sesungguhnya.

Pusat Pertanggungjawaban
Tiga jenis pusat pertanggungjawaban :
1.      Pusat Biaya
Pusat biaya adalah suatu segmen bisnis dimana manajernya memiliki kendali atas biaya-biaya perusahaan. Manajer pusat biaya diharapka dapat mampu meminimalkan biaya dan menyediakan jasa yang dimnta oleh bagian lain dalam organisasi secara maksimal.
2.      Pusat Laba
Pusat laba adalah segmen bisnis dimana manajernya bertanggung jawab atas peberimaan perusahaan termasuk biaya yang terjadi.
3.      Pusat Investasi
Pusat investasi adalah suatu segmen dri suatau organisasinya yang memiliki kendali atas investasi, termasuk juga biaya dan penerimaan.

Laporan Menurut Segmentasi
Untuk menysusn laporan laba rugi dari suatu segmen tertentu, eben variable dikurangkan dari penjualan untuk menghasilkan margin kontribusi segmen tersebut. Margin kontribusi menyatakan apa yang terjadi pada laba jika terjadi perubahan volume biaya tetapa kapasitas segmen dianggap sama. Margin kontribusi berguna dalam keputusan yang mencakup penggunaan kapasitas secara temporer seperti pesanan khusus.

Laba Menurut Segmen

Margin segmen diperoleh dengan mengurangkan biaya tetap yang dapat ditelusuri untuk suatu segmen dari margin kontribusi segmen. Ini menunjukkan margin yang tersedia setelah suatu segmen menutup seluruh biayanya. Margin segmen merupakan ukuran terbaik profitabilitas jangka panjang suatu segmenm karena hanya mencakup biaya-biaya yang disebabkan oleh segmen tersebut. Jika suatu segmen tidak dapat menutupi biaya-biayanya, maka segmen tersebut seharusnya tidak dipertahankan  (kecuali memiliki dampak samping yang penting dengan segmen lain). Margin segmen paling berguna dalam pengambilan keputusan-keputusan besar yang mempengaruhi kapasitas seperti menghentikan suatu segmen. Sebaliknya, sperti yang telah disebutkan sebelumnya, margin kontribusi paling berguna dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan perubahan volume dalam jangka pendek, seperti menentukan harga pesanan khusus yang melibatkan penggunaan temporer atas kapasitas yang sudah ada.

No comments:

Post a Comment