Saturday, December 7, 2013

AKUNTANSI MANAJEMEN: SUATU PENGANTAR

Sebagai salah satu tipe akuntansi, akuntansi manajemen merupakan suatu sistem pengolahan informasi keuangan yang digunakan untuk menghasilkan informasi keuangan bagi kepentingan pemakai intern organisasi. Sebagai salah satu tipe informasi, akuntansi manajemen merupakan tipe informasi kuantitatif yang menggunakan uang sebagai satuan ukuran, yang digunakan untuk membantu manajemen dalam pengelolaan perusahaan, Akuntansi manajemen adalah informasi keuangan yang merupakan keluaran yang dihasilkan oleh tipe akuntansi manajemen yang dimanfaatkan terutama oleh pemakai intern organisasi.
Terdapat beberapa perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen, antara lain : 

Akuntansi Keuangan
Akuntansi Manajemen
1.



2.




3.





4.




5.






6.
Dasar pencatatannya menggunakan prinsip akuntansi yang lazim digunakan.


Fokus informasi : mengolah informasi keuangan masa lalu untuk mempertanggungjawabkan dana yang dipercayakan oleh pihak luar kepada manajemen suatu perusahaan.
Lingkup informasi : menyajikan informasi keuangan secara keselu-ruhan. Hal ini disebabkan oleh pemakai luar membuat keputusan tentang hubungan mereka dengan perusahaan sebagai keseluruhan.
Sifat laporan yang dihasilkan : Laporan yang dihasilkan umumnya berupa ringkasan dan berisi informasi yang diteliti.

Keterlibatan dalam perilaku manusia lebih mementingkan pengukuran kejadian-kejadian ekonomi.




Disiplin sumber yang melandasi : Ilmu ekonomi, karena akuntansi merupakan ilmu terapan maka dasarnya pada disiplin sumber.
Dasar pencatatannya dalam mengo-lah data keuangan bedasarkan man-faat yang diperoleh dari relevansi informasi dengan keputusan yang akan mereka lakukan.
Fokus informasi : informasi keuangan masa lalu juga menyediakan informasi keuangan masa yang akan datang sebagai salah satu dasar bagi manajemen dalam pengambilan keputusan.
Lingkup informasi : mengolah dan menyajikan informasi keuangan ba-gian-bagian suatu perusahaan untuk memenuhi keperluan manajer terten-tu dalam perusahaan.

Sifat laporan yang dihasilkan : Laporan keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi manajemen lebih rinci dan unsur taksiran lebih dominan dalam informasi yang disajikan didalamnya.
Akuntansi manajemen lebih banyak bersangkutan dengan pengukuran kinerja manajemen berbagai jenjang organisasi, maka aspek perilaku manusia dalam organisasi perlu diperhatikan dalam pengolahan informasi keuangan dalam akuntansi manajemen.
Disiplin sumber yang melandasi : Ilmu ekonomi dan Psikologi sosial , ilmu psikologi sosial mempelajari pe-rilaku manusia dalam hubungannya dengan manusia lain dalam meme-nuhi kebutuhan mereka.

            Manfaat akuntansi manajemen terhadap manajemen yaitu dapat membantu manajer dalam melaksanakan tugasnya dalam bidang perencanaan dan pengendalian serta koordinasi.
1.      Perencanaan, adalah proses penentuan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh suatu organisasi pada masa yang akan datang, termasuk diantaranya adalah penetapan tujuan organisasi.
2.      Pengendalian, adalah proses yang menjamin bahwa organisasi melaksanakan strateginya dengan tujuan yang diharapkan.
3.      Koordinasi, adalah proses yang mengintegrasikan kegiatan masing-masing bagian di dalam organisasi agar terjalin kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.


No comments:

Post a Comment